post

Setelah kita membahas produk flagship dari Microsoft 950, kali ini kita akan membahas mengena Lumia 430 yang merupakan produk smartphone termurah dari Microsoft dengan sistem operasi Windows Phone 8.1 yang bisa di update ke Windows 10 Mobile.
Smartphone murah dengan harga 1 juta namun dengan spesifikasi yang tidak murahan membuat ponsel ini menarik perhatian untuk saya mengulasnya. Yuk kita mulai reviewnya.

Review Lumia 430

  • Desain

Kita mulai dari desainnya. Bentuk smartphone ini agak kotak dengan material full plastik. Back cover dari smartphone ini menggunakan bahan matte, back cover hampir menutupi seluruh bodi.

Cukup nyaman untuk dipegang menggunakan 1 tangan atau 2 tangan. Bagian belakang yang menggunakan bahan matte tidak licin untuk dipegang.

  • Layar

Smartphone ini memiliki layar dengan ukuran 4.0 inchi menggunakan panel TFT dengan denganĀ  resolusi WVGA. Karena menggunakan panel TFT mengakibatkan sudut pandang yang sempit, apa lagi kalau diliat dari atas yang membuat warna menjadi berubah.

Terdapat fitur double tap to wake, sehingga Anda bisa menyalakan ponsel hanya dengan mengetuk dua kali pada layar smartphone. Dengan begini, Anda tidak perlu menekan tombol power untuk menyalakan Lumia 430.

  • Hardware

dapur pacu qualcomm

Lumia 430 menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 200 dual core dengan kecepatan 1.2 GHz. Menggunakan RAM 1GB, pegolah grafik Adreno 302, dan memori internal 8GB membuat ponsel ini bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan dengan harganya.

Dengan spesifikasi seperti itu, ponsel ini dapat menjalankan aplikasi dengan sangat lancar baik itu untuk menjalankan banyak aplikasi ataupun untuk bermain permainan. Sudah dicoba untuk bermain permainan ringan sampai game berat tanpa ada kendala maupun masalah, semua berjalan dengan sangat lancar.

Bermain game di lumia 430

game lumia 430 1

game lumia 430 2

  • Jaringan

Ponsel ini memiliki dual slot sim card yang mendukung jaringan GSM dan HSPA dengan frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan HSDPA 900 / 2100. Meskipun belum support untuk menggunakan jaringan 4G, bisa dimaklumi mengingat ponsel ini dibanderol dengan harga paling murah dari lini Lumia Windows Phone.

Kamera

Meskipun dibanderol dengan harga murah, namun pada sektor kamera mendukung kamera depan VGA dan kamera belakang dengan resolusi 2MP. Hasil kamera belakangnya cukup lumayan jika dibandingkan dengan handphone handphone murah lainnya pada kisaran harga yang sama.

  • Baterai

Ponsel ini menggunakan baterai dengan kapasitas 1500 MAh. Kapasitas baterai memang terbilang kecil, namun ternyata daya tahan ponsel ini bisa bertahan hingga 12 jam untuk digunakan sosial media. Untuk penggunaan berat, ponsel ini masih bisa bertahan sampai 8 jam. Daya tahan baterai yang sangat baik mengingat ukuran kapasitasnya yang lumayan kecil.

Hanya ini ulasan dari saya mengenai ponsel murah Lumia 430, menurut saya ponsel ini sangat memuaskan dengan harganya yang dibawah 1 Juta. Apakah Anda sedang mencari ponsel dengan sistem operasi Windows Phone yang harganya murah? Lumia 430 merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda.